34 BAKAT… Anda termasuk yang Mana?

  1. talent-mapACHIEVER, punya stamina yang tinggi dan selalu bekerja keras, kepuasan hidupnya muncul dari kesibukan dan memberikan hasil.Tidak pernah puas dengan apa yang diperolehnya sekarang. Targetnya dipasang tinggi tinggi agar supaya bisa mendapatkan apa yang dia inginkan Memiliki api yang membara dalam dirinya yang mendorongnya untuk berbuat lebih banyak, agar bisa menerima lebih banyak juga
  2. ACTIVATOR, dapat membuat sesuatunya terjadi dengan mengubah pikiran menjadi tindakan. “Kapan saya dapat mulai ?”. Pertanyaan ini terus-menerus terlontar dalam hidupmu. Kau tidak sabar untuk bertindak. Berani mengambil tindakan walaupun informasinya belum cukup karena baginya salah adalah belajar
  3. ADAPTABILITY, melakukan tugas sesuai dengan apa yang diterimanya disaat itu Bisa menyesuaikan dirinya terhadap perubahan rencana yang tidak disangka sangka tanpa ada tanda tanda kecewa. Adaptability, berarti hidup didalam momen tertentu walaupun rencanamu berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya Perubahan adalah temanmu bukan musuh
  4. ANALYTICAL, mencari alasan dan sebab sebab.Dia tidak bisa menerima rumor kecuali fakta dan hanya fakta lah yang dapat diterimanya. Orang yang berbakat Analytical selalu membutuhkan bukti. Manteranya adalah ” tunjukkan pada saya bagaimana yang anda nyatakan tersebut terdokumentasi dan bahwa itu benar !”
  5. ARRANGER, dapat mengorganisir akan tetapi juga memiliki kelenturan yang membantu pengaturannya selalu berusaha memikirkan kembali sesuatu. Slogan nya adalah “ pasti ada jalan yang lebih baik dari itu !” Kau seorang koordinator. Berhadapan dengan situasi yang sulit yang melibatkan banyak faktor, kau senang mengatur semuanya, meluruskan dan meluruskannya lagi sampai kau merasa yakin bahwa kau telah mengaturnya dalam konfigurasi yang sangat produktif.
  6. BELIEF, memiliki tatanilai inti tertentu yang tidak pernah berubah.Baginya hasrat untuk menjadi bagian dari kegiatan yang bermanfaat bagi dunia adalah yang paling Utama. Komitment terhadap keluarga adalah sangat bernilai. Mendahului orang lain dan menjaga etika merupakan bagian besar dari penampilannya. Bagimu, sukses itu lebih daripada uang dan gengsi.
  7. COMMAND, ingin menjadi penanggung jawab dan yang lain kadang melihatnya sebagai ” suka mendesak/memaksa”. Mengambil alih situasi, memaksa orang lain melihat caranya melakukan sesuatu, dan tidak akan berhenti sampai dia puas atas hasil kerja menurut cara nya tersebut. Command mengarahkanmu untuk mengambil alih tugas. Berani bertatap muka face to face.
  8. COMMUNICATION, mudah sekali mengungkapkan apa yang dipikirkan dengan kata kata yang mudah dimengerti. Dia bisa mengangkat topik yang kering dan membuatnya menarik dengan bumbu bumbu yang menarik dengan warna warni. Senang menjelaskan, menjabarkan, bercerita, berbicara di depan umum, dan menulis.
  9. COMPETITION, suka mengukur kemajuannya dengan orang lain dan dalam perlombaan selalu berusaha menjadi nomor satu. Competition berakar pada perbandingan. Mencapai target tanpa mengalahkan orang lain terasa sebagai kemenangan yang kosong melompong Kau menyukai pesaing-pesaing, karena mereka membakar semangatmu. Kau menyukai perlombaan, karena di situ akan ada pemenangnya. Khususnya Kau suka perlombaan, di mana kau punya harapan untuk menang.
  10. CONNECTEDNESS, memiliki keyakinan dalam menjelaskan gejala secara “bathin” Penuh pertimbangan, penuh perhatian, mudah menerima : inilah kata kata yang tepat baginya Segala sesuatu terjadi pasti ada sebabnya. Kau yakin akan hal itu, karena dalam hatimu kau tahu bahwa kita semua ini saling berkaitan.
  11. CONSISTENCY , memiliki bakat untuk melihat “kesamaan” orang Dalam kehidupan yang penuh perubahan ini, mereka yang berbakat Consistency selalu berusaha mencari kesetimbangan. Semua orang harus diperlakukan dengan sama tidak perduli apa yang mereka lakukan atau siapa mereka. Tidak berat sebelah itu penting bagimu.Kau benar-benar sadar akan perlunya memperlakukan orang secara adil, apapun jabatan mereka, sehingga kau tidak ingin berpihak pada kepentingan satu orang tertentu saja.
  12. CONTEXT, belajar melalui riset dan studi tentang masa lalu Bagi nya, masa lalu merupakan cetak biru dari sebab dan akibat. Apa yang telah terjadi merupakan pegangan untuk mengerti apa yang terjadi sekarang. Memandang ke belakang karena di sana ada jawaban-jawabannya. Dia memandang ke belakang untuk memahami masa sekarang.
  13. DELIBERATIVE, berhati hati,kadang skeptis, memiliki karakter ” melihat sebelum melompat” What if? Nya timbul karena waspada dan adanya prasangka Kau bersikap hati-hati.dan waspada. Kau seorang pribadi yang khusus.yang memilih sahabat dengan hati-hati
  14. DEVELOPER, mendapatkan kepuasan dari melihat setiap kemajuan masing masing individu.Kau melihat kemampuan yang ada pada orang lain.Dalam kenyataan, semua kemampuan mereka itu dapat kau lihat. Ketika kau berinteraksi dengan mereka, kau bersedia untuk menolong mereka mencapai tujuan. Kau mencari jalan untuk mengarahkan mereka.
  15. DISCIPLINE, secara spontan menciptakan organisasi , sistim dan prosedur, mereka beresonansi dengan dunia yang teratur .Untuk Orang orang yang berbakat Discipline, dunia haruslah dapat diperkirakan, teratur dan terencana. Jadwal dan batas waktu harus ada karena biasanya mereka membagi bagi jadwal dalam batasan yang lebih sempit dengan rencana jangka pendek yang bisa dijalankan dengan lebih teliti
  16. EMPATHY, dapat merasakan perasaan orang lain dengan cara membayangkan dirinya sebagai orang lain itu. Mengerti emosi yang sedang dialami seseorang, walaupun dia tidak selalu perlu setuju dengan perasaan orang tersebut. Dapat “mendengarkan” pertanyaan yang tidak terungkapkan.
  17. FOCUS, mengambil arah, mengikutinya, membuat koreksi seperlunya untuk tetap berada dijalur yang benar. Apabila tidak ada tujuan, hidupmu atau pekerjaanmu, bisa cepat membosankan. Dan demikianlah setiap tahun, setiap bulan, dan bahkan setiap minggu kau menetapkan tujuan-tujuan. Kau tetap mengarahkan setiap orang pada tujuannya.
  18. FUTURISTIC, dapat memberikan inspirasi pada rekan lainnya dengan visinya mengenai masadepan. Futuristic berarti tertarik kepada hal hal yang mungkin terjadi di bulan bulan, tahun tahun dan dekade mendatang. Dia memiliki banyak pilihan kemungkinan situasi mendatang dengan sumber sumber manusia, waktu, uang , bahan dan memilihnya sesuai dengan pilihan yang terbaik.
  19. HARMONY, dapat bekerja sama secara baik dengan orang lain. Tidak mampu menghadapi konflik, setiap kali dia merasakan adanya perbedaan pendapat atau perdebatan, dia akan menaruh perhatian terhadap apa yang pernah terucapkan, memperhatikan apa yang terjadi dan berusaha mendamaikan dengan menunjukkan adanya kesamaan dari keduabelah fihak. Kau menganggap bahwa pertentangan dan gesekan itu tidak ada hasilnya, sehingga kau berusaha menguranginya sekecil mungkin.
  20. INCLUDER, kecenderungan untuk menerima semua orang dan selalu berusaha agar semua orang mempunyai rasa memiliki kelompok. Includer adalah filosofi kehidupan. Membuat semua orang merasa bagian dari kelompok adalah penting, karena semua orang akan merasakan manfaat dari dukungan orang lainnya “Memperbesar kelompok.” Inilah filosofi pandangan hidupmu. Kita semua sama-sama penting . Jadi, tidak ada seorang pun yang boleh diabaikan.
  21. INDIVIDUALIZATION, melihat keunikan dari masing masing orang secara individual bukan secara kelompok. Orang yang berbakat Individualization dapat mengajukan pertanyaan yang tepat dalam mengumpulkan informasi dan menguji apakah pendapatnya mengenai bakat, keterbatasan dan suasana perasaan seseorang cocok. Secara naluriah kau mengamati gaya masing-masing orang, motivasi masing-masing, bagaimana masing-masing orang berfikir, dan bagaimana masing-masing orang membina hubungan. Kau mendengarkan pengalaman dari masing-masing orang.
  22. IDEATION, menyukai diskusi kelompok yang bebas dan baik sekali didalam brainstorming. Inovatif, konsep, teori dan solusi merupakan hal yang penting bagi orang berbakat Ideation Dia memiliki cara yang sederhana untuk menjelaskan banyak kejadian, konsep yang sangat mendasar seringkali dapat menjelaskan apa yang kelihatannya rumit dan menemukan idea yang belum lengkap ini merupakan hal menyenangkan. Kau tergila-gila dengan ide-ide. Apakah ide itu? Ide adalah konsep, penjelasan terbaik tentang berbagai kejadian.
  23. INPUT ,hasrat untuk mengetahui lebih jauh dan ingin memperbaiki terus menerus. Kau ingin tahu segala hal. Kau mengumpulkan segala macam benda. Kau mengumpulkan informasi – artikel, fakta, buku, bahkan catatan – atau juga barang-barang seni seperti kupu-kupu, kartu baseball, boneka porselin, atau foto-foto yang sudah kumal. Apapun koleksimu, kau mengumpul kannya karena itu menarik bagimu.
  24. INTELLECTION, suka meneliti, lebih menyukai diskusi intelektual khususnya phylosophi. Pemikir yang dalam yang suka membaca puisi dan berusaha memahaminya untuk dirinya sendiri. Menyendiri baginya berharga karena merupakan saat saat untuk menghibur dirinya dan introspeksi. Kau suka berfikir. Kau senang dengan kegiatan olah mental. Kau suka melatih saraf otakmu, dengan merenggangkannya dalam berbagai arah.
  25. LEARNER, suka ditantang oleh kesempatan belajar. Menyukai proses mendapatkan informasi dan atau keterampilan baru dan begitu terus sepanjang hidupnya. Kau senang belajar. Materi pokok yang menarik bagimu kebanyakan akan ditentukan oleh tema-tema lain dan pengalamanmu, namun apapun bidangnya, kau selalu akan tertarik kepada proses belajar.
  26. MAXIMIZER, kecenderungan untuk mempelajari yang terbaik dan membuat yang terbaik menjadi lebih baik lagi. Istimewa, bukan rata-rata, adalah standar ukuranmu. Mengubah sesuatu yang kuat menjadi sesuatu yang hebat memang memerlukan banyak usaha, tetapi ini jauh lebih menggairahkan. Kekuatan-kekuatan, entah milikmu atau milik orang lain, memikatmu.
  27. POSITIVITY, memiliki antusiasme yang menular dan dapat membuat orang lain terbakar semangatnya. Ramah dengan pujian, cepat tersenyum merupakan salah satu cirinya, orang yang memiliki bakat ini secara spontan mencari hal hal baik dari seseorang ataupun situasi. Mereka membuat orang orang tertawa, merasa senang bisa mengangkat rasa percaya diri orang lain dengan semangat dan kehangatannya.
  28. RELATOR, menikmati hubungan yang dekat dengan orang lain secara pribadi. Relator menjelaskan sikapmu terhadap hubungan-hubunganmu.Dalam istilah sederhana, tema Relator ini mendorongmu menuju orang yang sudah kau kenal. Kau merasa nyaman dalam hubungan yang akrab. Sekali terjalin hubungan, kau sengaja membina hubungan yang lebih mendalam lagi.
  29. RESPONSIBILITY, punya stamina yang tinggi dan selalu bekerja keras, kepuasan hidupnya muncul dari kesibukan dan memberikan hasil.Tidak pernah puas dengan apa yang diperolehnya sekarang. Targetnya dipasang tinggi tinggi agar supaya bisa mendapatkan apa yang dia inginkan Memiliki api yang membara dalam dirinya yang mendorongnya untuk berbuat lebih banyak, agar bisa menerima lebih banyak juga, secara psikologi merasa berhutang untuk memenuhi apa yang telah dijanjikannya baik terucapkan maupun tidak. Tidak perduli betapa sulitnya tugas yang diberikan,apabila menerima tugas tersebut maka dia akan laksanakan dengan sepenuh hati, Tema Responsibility-mu memaksamu mengambil alih tanggung jawab terhadap apapun yang telah kaujanjikan, dan entah besar ataupun kecil, kau merasa terikat secara emosional untuk menuntaskannya.
  30. RESTORATIVE, kemampuan untuk mengembalikan segala sesuatu ke fungsi aslinya. Menganalisis “gejala”, menemukan apa yang salah dan mencari solusinya merupakan gaya hidupnya. Proses, rencana,taktik seperti juga barang dan bahkan manusia semuanya dapat diperbaiki dan dapat dibuat menjadi lebih baik
  31. SELF ASSURANCE, memiliki panduan dari dalam dirinya untuk mengatur dirinya sendiri. Kepercayaan terhadap dirinya sendiri melebihi pandangan orang tentang dirinya, dia menentukan pilihan yang cocok baginya sendiri ketimbang mendapat pengakuan dari orang lain. Akan tetapi Self-Assurance ini lebih dari sekedar percaya-diri. Dengan tema Self-Assurance, kau punya keyakinan bukan hanya dalam kemampuanmu, tetapi juga dalam mengambil keputusan.
  32. SIGNIFICANCE, memiliki kebutuhan untuk ditonton sebagai orang yang menonjol dimata orang lain. Didengar, berdiri didepan kerumunan orang, dihargai baginya sangat berarti, itu sebabnya dia kurang suka bergaul dengan orang, organisasi ataupun kegiatan yang biasa atau tidak penting. Khususnya, kau ingin dikenal dan dihargai karena kekuatan-kekuatanmu yang unik.
  33. STRATEGIC, dapat melihat pola dari pengalaman dan data, isuenya timbul dengan jelas dalam berbagai scenario. ”what if?” nya timbul karena banyaknya pilihan didepan yang harus diambil. Tema Strategic memungkinkanmu memilah di antara kekusutan dan menemukan jalur yang terbaik. Kau memisahkan dan memilih sampai kau temukan lintasan yang terbaik –- inilah strategimu. Berbekalkan strategimu ini, kau bergerak maju.
  34. WOO, keinginan yang sangat kuat untuk mendapat pengakuan dari orang lain dan bekerja sungguh sungguh untuk mendapatkannya. Selalu bertutur sapa dengan semua orang yang baru ditemuinya, dia bisa menjadi juru kampanye karena mampu membangun kepercayaan dari orang yang baru saja bersalaman dengannya. Kau penasaran terhadap mereka. Kau ingin tahu namanya, membanjiri mereka dengan pertanyaan, dan menemukan pokok pembicaraan yang sama-sama diminati, sehingga kau bisa membuka percakapan

(ditulis oleh Aifa Destriani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s