Seberapa Kepatuhan terhadap Peraturan Indonesia?

Pada saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kepercayaan publik. Di era yang semakin ketat ini, dimana harga minyak jatuh bagai bola salju perusaan oil banyak yang collaps. Impactnya apa? ya tentu saja mempengaruhi seluruh perekonomian dunia…halah..aku sih bukan ahli ekonomi. Jadi tidak akan ngomongin masalah itu.

Balik lagi ke Tema Keselamatan, Kesehatnaz ke5rja dan Lingkungan (K3L) masing masing negara mempunya policy yang berbeda. Kali ini saya tidak akan ngomongin masalah peraturan negara lain, tetapi hanya peraturan di Indonesia saja.

kalau ngomongin soal Peraturan Lingkungan, teman-teman semua bisa langsung meluncur deh ke websitenya kementerian lingkungan Hidup. Di sana Lengkap banget. Langsung lompat kesini saja.

Kalau Rekan-rekan semua bekerja di sebuah perusahaan atau punya perusahaan sendiri, tentunya harus memastikan seluruh peraturan yang sudah ada di indonesia. Tertunya ini ada kaitannya dengan seberapa patuh sih kita terhadap paraturan yang berlaku? Lalu Tahapannya apa sih yang harus dilakukan untuk melihat kita sudah comply atau belum?

  1. Batasi Scope yang akan diidentifikasiMisal dalam hal ini hanya membatasi terkait dengan K3dan L saja.
  2. Identifikasi dahulu Aktifitas “major” dan “minor” Perusahaan.Kita harus melakukan identifikasi terhadap bidang pekerjaan perusahaan kita dahulu. lalu, aktifitas-aktifitas di tempat kerja kita apa saja. Bisa dimulai dengan melakukan identifikasi aktifitas per area kerja atau per proses, dari hasil dokumen lingkungan sebelumnya (RKL RPL, UKL UPL) desain dan sebagainya, yang intinya merupakan aktifitas yang ada di lokasi kerja. bisa juga dilakukan dengan melakukan diskusi atau pengumpulan data dengan mengundang berbagai departemen dalam perusahaan.
  3. Identifikasi paraturan-peraturan yang “mungkin” terkait dengan aktifitas perusahaan dalam sebuah daftar/list.kenapa saya sebutkan “mungkin”? karena bisa jadi peraturan yang kelihatanya applicable ke aktifitas kita, belum tentu itu applicable ke perusaan kita. Applicable disini memang kita yang menentukan, tentunya berdasarkan dari hasil identifikasi aktifitas. Kalau dari aktifitasnya memang tidak ada dalam cope pekerjaan perusahaan kita, ya berarti ga applicable.
  4. Identifikasi “isi” dari peraturan dari masing-masing peraturan.Tidak semua peraturan itu ada requirement/kewajiban-nya. bisa saja dalam 1 peraturan yang berisi 100 pasal, kewajiban untuk melakukan sesuatu itu hanya 10 pasal, sisanya hanya penjelasan dan lain-lain.
  5. Lakukan Verifikasi terhadap hasil identifikasi requirement/kewajiban di point caranya bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti:
    • bertemu dengan head of departemen atau engineernya atau orang yang ahli terkait dengan kewajiban dalam perusahaan. tetunya kita harus melakukan identifikasi lagi kira-kira ini tepat ga kalau di bawa ke Mr. X Y atau Z. kalau tidak sembari diskusi nanti bisa di cari kesiapa ya untuk mengetahui apakah perusahaan kita ada beneran aktifitas terkait peraturan? dan apakah perusahaan sudah punya cara / upaya atau kegiatan untuk memenuhi kewajiban tersebut.
    • Verifikasi ke lapangan langsung bersama team yang tepat. (hampir samadengan point diatas tetapi ini lebih ke melihat langsung di lapangan/whitness)
  6. Catat hasil verifikasi dan dokumentasikan. hasil verifikasi bisa saja menyatakan bahwa perusahaan sudah ada upaya untuk patuh, buatlak judul deskripsi aktifitas/upaya/kegiatan tersebut. bisa saja belum ada upaya perusahaan untuk itu, kalau belum tandai sebagi outstanding point.
  7. Lakukan Audit Berkala.Fungsinya untuk mengetahui apakah upaya2 untuk memenuhi kewajiban tadi benar-benar sudah dilakukan atau belum. Untuk membahas Audit sepertinya Panjang, Akan dibahas lain waktu.
  8. Review dan Pembaruan Data.
    Daftar kewajiban / requirement yang sudah di buat harus di review berkala, terlebih apabila ada perubahan aktifitas/ kegiatan. aktifitas baru ataupun adanya peraturan baru.

so..selamat mengidentifikasi.—@kasmancepu

One thought on “Seberapa Kepatuhan terhadap Peraturan Indonesia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s