QHSE…

Quality, Safety Health and Environment management system atau lebih mudahnya Mutu dan K3L (Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan). Siapa sih yang tidak mengetahui kalau hampir semua industri di indonesia bahkan dunia baik skala menengah sampai yang besar berlomba-lomba untuk menerapkan sistem ini. bahkan QHSE sekarang bukan menjadi sesuatu yang dianggap “wah” karena sistem tersebut menjadi sesuatu yang dianggap wajib.

ISO 9001 banyak diteapkan untuk menjamin mutu suatu produk, sedangkan ISO 14001 banyak diaplikasikan bagi perusahaan yang dituntut untuk melakukan manajemen limbah yang dihasilkan. Di Indonesia sendiri pranata pemerintahan mengadakan PROPER yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, sedangkan ISO sertifikasinya dilaksanakan oleh badan sertifikasi independen. Di indonesia ada cukup banyak badan sertifikasi diantaranya untuk ISO 14001 dapat dilihat disini. Biasanya satu badan sertifikasi dapat melakukan beberapa sertifikasi sekaligus.

Salah satu masalah yang cukup penting yang dihadapi baik perusahaan di indonesia adalah lingkungan kerja yang kurang bahkan tidak aman dan sehat bagi karyawannya. Untuk itu OHSAS merupakan suatu alat untuk membantu terbentuknya rencana dan sistem agar  lingkungan kerja  aman dan sehat bagi karyawan.OHSAS 18000 dikeluarkan oleh British standard Institute sebagai standar keselamatan dan kesahatan kerja sedangkan ISO 9000 dan 14000 di keluarkan oleh badan sertifikasi dan standarisasi nasional  dimana di indonesai di adaptasi menjadi SNI.

jadi OHSAS 18001 berbeda dengan ISO.

Pada akhir 15 November 2008 lalu ISO 9001: 2000 sudah direvisi menjadi ISO 9001:2008 sehingga perusahaan yang sudah menerapkan ISO 9001 harus bersiap-siap untuk upgrade ke sistem yang baru. Sedangkan sertifikat ISO 9001:2000 akan kadaluwarsa 1 tahun sejak ditetapkan, atau untuk yang baru akan sertifikasi yang baru harus sudah menyesuaikan dengan standar yang baru. Perubahan standar ISO 9001 :2008 adalah perubahan minor dimana salah satu point yang cukup penting yang ada hubungannya dengan ISO 14001 adalah menjelaskan masalah lingkungan kerja termasuk kebisingan, temperatur,  pencahayaan dan kelembaban. ISO 14001:2004 sampai saat ini masih belum ada perubahan.

OHSAS 18001:1999 juga sudah berevolusi menjadi ISO 18001:2007  karena pada Juli 2007 lalu sudah dikeluarkan standar revisi tersebut yang lebih komplit, dalam standar yang baru lebih menekankan pada kesehatan disamping keselamatan kerja. Penyakit akibat kerja di standar terbaru ini juga lebih ditekankan dari standar sebelumnya.

Apapun itu, kesemuanya sitem tersebut dimaksudkan bukan hanya sekedar dokumentasi belaka. karena dengan adanya sistem yang integrasi tersebut diharapkan banyak value yang dapat diambil nbaik oleh perusahaan maupun karyawan serta anak cucu kita dengan tetap terpeliharanya lingkungan. Kalau ada yang antipati dengan yang namanya ISO maka siap-siap saja anda menjadi satu diantara sekian orang yang sudah tidak muali lagi perduli dengan diri sendiri dan lingkungan, dan itu artinya anda tidak perduli lagi dengan anak cucu dan masa depan. karena sebenarnya sitem manajemen bisa dilakukan oleh perorangan, bukan hanya sebuah kelompok.

tetap semangat, salam QHSE

One thought on “QHSE

  1. It was a awe-inspiring post and it has a significant meaning and thanks for sharing the information.Would love to read your next post too……
    Thanks:
    iso 9000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s